Ya, meski Argentina U-20 baru saja tersisih dari turnamen World Cup U-20 di Kolumbia pada babak perempatfinal melawan Portugal lewat drama adu penalti tak serta merta menurunkan kadar kekaguman saya sama salah satu pemainnya, Juan Iturbe. Meskipun di skuad Argentina U-20 banyak juga bintang lainnya seperti Erik Lamela yang baru saja pindah ke Italia memperkuat AS Roma, meninggalkan klub yang membesarkannya, River Plate terdegradasi untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Liga Argentina.


Juan Manuel Iturbe Arévalos lahir di Buenos Aires, Argentina pada 4 June 1993. Penyerang bertubuh mungil dengan tinggi 169 cm ini punya kecepatan di atas rata2. Sebab tubuhnya yang mungil itulah kemudian dia disebut2 sebagai New Messi. Tapi sebenarnya Iturbe bukanlah orang Argentina asli, orang tuanya adalah orang Paraguay tapi Iturbe lahir & besar di Argentina. Itu sebabnya Iturbe bisa membela Paraguay & Argentina. Sebelumnya Iturbe pernah membela tim PAraguay junior sebelum akhirnya memutuskan untuk memakai jersey kebesaran Argentina tahun 2010 lalu. "Saya telah membuat keputusan bahwa saya akan bermain untuk Argentina. Saya ingin memenangkan sesuatu dengan memakai seragam (Argentina) ini" tandasnya.


Di level junior, Iturbe membela klub2 lokal Paraguay seperti Universal, Trinidense, & Cerro Porteño. Di Cerro Porteño lah kemudian dia memulai karir profesionalnya pada tahun 2009. Musim depan, Iturbe akan memperkuat juara Europe League musim lalu, FC Porto dengan status bebas transfer. Suatu keputusan ideal yang diambilnya untuk mengasah bakat mudanya di klub Porugal tersebut sebelum mencoba level liga yang lebih top nantinya. Di Porto yang baru saja ditinggalkan pelatih jeniusnya, Andre Villas Boas, Iturbe akan bertemu dengan talenta muda lainnya yang ikut serta dalam World CUp U-20, James Rodríguez, winger atraktif dari Kolumbia.


Well, menarik untuk menanti pemain yang perawakannya sedikit mirip dengan Javier Saviola ini di masa mendatang :)


Share
Labels: , edit post
0 Responses

Posting Komentar