Ada pemain yang datang, ada juga yang pergi. Tapi diantara beberapa nama yang telah meninggalkan Old Trafford, ada sejumlah nama yang cukup saya sayangkan kepergiannya karena sebenarnya (masih & akan) punya kualitas serta prospek yang cukup baik seperti Gerrard Pique misalnya. Berikut 11 pemain United (pilihan saya) yang 'terbuang' ke klub lain karena kedatangan pemain lain yang lebih tenar & karena hal lain selama 1 dekade terakhir.

#11. PHIL BARDSLEY

Bardlsey yang sebelumnya akan digadang2 sebagai penerus Gary Neville di sisi kanan pertahanan akahirnya terbuang ke Sunderland tahun 2008 lalu setelah selama karirnya 5 tahun bersama skuad senor United lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman di klub lain. Di Sunderland, bek yang punya karakter lugas ini cukup tampil gemilang setelah dipoles Steve Bruce & bertaranformasi menjadi full back kiri.

#10. DAVID HEALY

Stiker Glasgow Rangers ini merupakan penyerang utama tim Irlandia Utara. David Healy yang tenggelamdiantara nama2 senior seperti Seringham, Solkjaer, Cole, & Yorke akahirnya dilepas. Dia cukup sukses bersama Preston North End & Leeds United, sebelumnya akhirnya pindah ke Rangers awal tahun ini setelah gagal bersinar di Sunderland

#9. TIM HOWARD

Tim Howard datang dari klub USA, Metro Stars ke United pada awal tahun 2003 untuk menggantikan posisi Barthez di bawah mistar United. Tampil cukup impresif di awal tahun, tapi mulai menurun di musim2 berikutnya. Dia kembali tampil gemilang ketika pindah ke Everton pada 2007 setelah setahun sebelumnya dipinjamkan di sana selama semusim.

#8. JONATHAN SPECTOR

Jonathan Spector diambil United dari klub USA, Chichago Fire, bersamaan dengan datangnya Tim Howard tahun 2003. Bermain alot di sisi kiri pertahan United, dia dipinjamkan ke Charlton Athletic tahun 2005 & pindah ke Westham setahun berikutnya. Di Westham kini dia lebih sering dipasang di tengah bersama Scott Parker.

 #7. ADEM LJAJIC

Kalo pemain Serbia yang satu ini kasusnya cukup unik. Oktober 2008, Adem Ljajic trial bersama United. Awal tahun 2009 kemudian dia dikontrak United bersama Zoran Tosic dari Partizan, dengan catatan dipinjamkan lagi ke Partizan selama setengah musim. Tapi tak lantas mendapatkan izin kerja di Inggris, dia kemudaian pindah ke Fiorentina awal tahun 2010. Musim lalu dia menjadi andalan pelatih Sinisa Mihajlovic sebagai pengatur serangan Fiorentina di tengah bersama Montolivo.

#6. KIERAN RICHARDSON

Pemain yang bisa bermain di posisi mana pun di sisi kiri ini adalah pemain yang punya kecepatan, tapi agak sedikit tempramental. Diambil akademi United dari Westham, Richardson sering jadi pemain pengganti. Demi kemajuan karirnya, pemain yang sering jadi andalan England U-21 ini akhirnya memutuskan pindah ke Sunderland tahun 2007 lalu.

#5. JAAP STAM

Jaap Stam yang dibeli tahun 1998 dari PSV mencatat rekor sebagai bek termahal dunia dengan harga £10.6 juta. Dia menjadi fitur penting United meraih treble di musim perdananya. Peluncuran biography yang menyebutkan Sir Alex Ferguson mengontraknya lewat jalur belakang saat di PSV dulu membuatnya terdepak ke Lazio tahun 2001. Belakangan kepindahannya dia dikaikan dengan statistik tekelnya yang menurun saat itu. Apapun itu, yang jelas, Laurent Blanc yang datang sebagai penggantinya terbilang gagal.

#4. CRAIG CATHCART

Bek Irlandia Utara ini selama masa seniornya di United hanya menghabiskan karirnya sbagai pemain pinjaman. United menjualnya ke Blackpool tahun 2010 lalu dengan opsi pembelian kembali. Dia tampil gemilang bersama klub barunya itu musim lalu & sempat dikabarkan akan ditarik kembali oleh United di pertengahan musim.

#3. CARLOS TEVEZ

Carlos Alberto Tevez, dikontrak United dari Westham (baca: Media Sports Investments) pada tahun 2007. 2 tahun bersama United, dia menjadi figur penting prestasi double United di musim itu. Saga Tevez berakhir di United pada tahun 2009 setelah United tak berani mempermanenkannya dengan harga tinggi & lebih memilih Berbatov di depan. Akhirnya Tevez berlabuh ke klub tetangga yang kaya raya, Man. City.

#2. GIUSEPPE ROSSI

Tahun 2004, Penyerang Italia ini diambil United dari klub juniornya, Parma. Sempat dipinjamkan ke Newcastle United selama setengah musim, dia kembali dipinjamkan ke klubnya lamanya Parma semusim kemudaian. Sekembalinya dari Parma, dia dijual ke Villareal tahun 2007 & tampil gemilang bersama klub Spanyol itu.

#1.  CHRIS EAGLES

8 tahun bersama United bersama klub junior, senior, & klub pinjaman, akhirnya gelandang serang ini dijual ke Burnley tahun 2008. Di United dia mencetak 1 golnya saat United menang 4-2 vs Everton.

"He can play as a striker, or behind the striker or wide or as a central midfielder. He gives you a host of variations, but outwith that he's a talented footballer and that's what we want – young exciting talents to complement the quality we already have." -Owen Coyle, manajer Burnley-

Share
0 Responses

Posting Komentar