Kalo ngomongin manhua (komik Cina) mungkin sudah biasa dengan jumlah volume yang mencapai 3 digit, karena memang kebanyakan manhua lebih tipis & menonjolkan aksi daripada drama.  Contohnya komik "Long Hu Men" yang membuat saya vakum membaca di volume 100 lebih (lupa tepatnya) karena kecapean sendiri bacanya. Tapi kalo manga? Fight!! Ippo adalah manga terpanjang dinatara manga2 panjang yang pernah saya baca. Terakhir saya membaca volume 83 yang baru aja dirilis Level Comics (di jepang sendiri sudah terbit 95 volume), sebelum tulisan ini saya buat.


Fight!! Ippo yang dalam bahasa Jepangnya "Hajime no Ippo" adalah manga karya Jyoji "George" Morikawa yang sudah terbit sejak tahun 1990 di Jepang. Kalo dihitung sampe sekarang sudah 21 tahun lebih & belum ada tanda2 akan tamat. Wew !!! Ga capek itu buatnya apa yes?


Ippo sendiri adalah nama tokoh utama manga ini, anak yang kecilnya dulu sering jadi korban penidasan kakak kelasnya. Dia kemudaian secara tidak sengaja ditolong petinju professional bernama Takamura. Dari Takamura lah kemudian Ippo memulai hidup barunya sebagai petinju. Di sasana yang sama Ippo bertemu dengan Miyata, yang nantinya akan menjadi rival abadi Ippo di ring tinju setelah keluar dari sasananya. Selain itu ada juga Aoki & Kimura, 2 petinju senior Ippo yang karirnya jalan di tempat, jauh dari bayang2 kesuksesan Takamura sebagai juara dunia. Di tengah cerita kemudian muncul tokoh baru bernama Manabu, yang jadi junior Ippo di sasana karena sangat mengaguminya. Dilatih dengan keras oleh pelatih Genji Kamogawa yang galak, Ippo kemudian secara perlahan berusaha mewujdukan mimpinya menjadi juara dunia tinju

Meskipun kualitas gambarnya terkesan jadul (wajar sih mengingat tahun rilisnya), tapi manga ini tetap menarik untuk disimak. Aksi demi aksi di ring tinju yang digambarkan George Morikawa benar2 memukau. Sebenernya manga yang bertele2 & panjang punya resiko menjadi menjenuhkan jika terlalu dipaksakan. Hal yang mulai menyerang manga "Naruto" karya Masashi Kishimoto. Sebenarnya manga ini masih bagus, tapi kesannya terlalu dipaksakan panjang. Terlalu banyak karakter2 yang muncul (bahkan beberapa minor) membuat kebibungan sendiri. Tapi hal itu ga berlaku buat manga Fight!! Ippo, ceritanya meski repeating hal yang sama tapi ga lantas membuatnya menjenuhkan. Salut !!! Kira2 di volume berapa ya Fight!! Ippo tamat? 100? Sampai pertemuan Miyata vs Ippo? Sampai Ippo menjadi juara dunia? Kalo saya sih punya angan2, Ippo bakal tamat ketika sudah sukses menguasai tinju dunia & pada akhirnya takluk oleh penantang baru yang ga lain ga bukan adalah Manabu !!! :)



Berbanding terbalik dengan Fight!! Ippo yang panjang (sekali), ada lagi 1 manga bertema tinju yang cukup berkesan buat saya, tapi hadir dengan volume yang lebih padat (13 volume).  AKU, Kisahnya tentang Hiroshi Suzuki, pemuda yang merasa hidup2nya biasa2 aja sampai dia bertemu dengan Aika Tenno, gadis yang manarik hatinya & kemudian membawanya ke arena dunia tinju. Manga karya Yamamoto Yasuhito ini tampil jauh lebih kelam. Endingnya saja terasa sangat menggantung sampe2 saya ga sadar kalo manga itu udah tamat setelah mencari infonya. Dark!!!
 
Share
Labels: , edit post
1 Response
  1. Chepi Says:

    Tau gak filmnya tamat ampai vol berapa


Posting Komentar