Piala Dunia U-20 datang lagi, kali ini dilaksanakan di benua Amerika, tepatnya di Kolumbia mulai 29 July – 20 August. Ajang 2 tahunan yang sebelum tahun 2005 bernama FIFA World Youth Championship ini adalah ajang 2 tahunan milik FIFA yang pertama kali digelar tahun 1977 di Tunisia. Argentina punya rerkor sebagai sebagai pemenang gelar terbanyak dengan 6 gelar ((1979, 1995, 1997, 2001, 2005, 2007), diikuti seteru abadinya di CONMEBOL,Brasil dengan 4 gelar (1983, 1985, 1993, 2003).

Tahun ini saya mengedepankan Spanyol, Argentina, Brasil, & Kolumbia sebagai unggulan utama di turnamen ini. Uniknya tahun ini, Ghana yang berstatus sebagai juara bertahan harus absen di ajang ini.

Apa yang menarik dari ajang ini? Tentu saja kehadiran bintang2 baru sepakbola yang akan menguasai dunia nantinya. Siapa yang masih ingat aksi Lionel Messi di ajang ini tahun 2005 lalu di Belanda? Kemudian Sergio Aguero juga unjuk gigi pada turnamen berikutnya dan menjadikan Argentina juara 2x berturut2 utntuk kedua kalinya.

Kalo ditarik lebih jauh mungkin yang paling terdengar gaungnya adalah Portugal tahun 1991. Turnamen yang menjadikan Portugal sebagai host tahun itu menghadirkan generasi emas tim Portugal di bawah kepelatihan Carlos Queiroz. Terbitlah kemudian nama2 terang seperti Rui Costa & Luis Figo setelah sukses mengantarkan negaranya sebagai juara.

Portugal 1991
Diego Maradona pun pernah menginjak lapangan di turnamen ini pada tahun 1979 di Jepang. Ketika itu Maradona sukses tampil geilang sepanjang turnamen dengan mengantarkan Argentina menjadi juara untuk pertama kalinya sehingga membuatnya terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Aguero,Mardona, Messi, pernah sama2 merasakan menjadi bintang turnamen
Tahun ini Piala Dunia U-20 menghadirkan kembali 24 tim dari berbagai benua untuk bertarung. Sebelum tahun 1997 di Malasyia, tunamen ini sebenarnya hanya menghadirkan 16 peserta. Jadi pada babak penyisihan grup akan terpilih 2 tim terbaik + 4 tim peringkat 3 terbaik yang akan lols ke babak knock out 16 besar. Jumlah yang katanya akan dicoba untuk gelaran Euro berikutnya.

Grup A
Kolombia
Prancis
Mali
Korea Selatan

Grup B
Kamerun
Selandia Baru
Portugal
Uruguay

Grup C
Australia
Kosta Rika
Ekuador
Spanyol

Grup D
Kroasia
Guatemala
Nigeria
Arab Saudi

Grup E
Austria
Brasil
Mesir
Panama

Grup F
Argentina
Inggris
Meksiko
Korea Utara

Juan Iturbe
Well, menarik untuk disimak aksi2 bintang muda seperti Erik Lamella & Juan Iturbe (Argentina), Jamie Rodríguez (Kollumbia), Philippe Coutinho (Brasil), Erick Torres (Mexico), Sergio Canales, Isco Alarcón, Sergi Roberto, Marc Bartra (Spanyol), & bintang2 muda lainnya unjuk aksi di turnamen ini :)

*Jadwal lengkap pertandingan FIFA World Cup U-20 klik di sini

Share
Labels: edit post
1 Response
  1. judi bola Says:

    emang ajanya nya nih gan untuk menunjukan dan membuktikan siapa yang akan menjadi bintang bintang dunia,,,,,


Posting Komentar