"makanya Tuhan menciptakan Cinta supaya yang beda2 bisa jadi satu" -Cina-


Sinopsis
Cina (Sunny Soon), adalah mahasiswa baru 18 tahun beretnis Batak Cina. Cina tumbuh menjadi seorang remaja yang lugu karena tidak pernah mengalami kegagalan, tapi ia yakin bisa mewujudkan impiannya dengan modal tekad yang kuat. Annisa (Saira Jihan), mahasiswi muslimah 24 tahun beretnis Jawa yang kuliahnya terhambat oleh kariernya di industri perfilman. Ketenaran dan kecantikan membuatnya kesepian, sehingga ia bersahabat dengan jari bermuka sedih. Hingga satu hari ketika ada jari lain datang sehingga Annisa tidak lagi kesepian. Tuhan adalah karakter yang paling tidak bisa ditebak. Setiap orang mencoba untuk mendeskripsikan-Nya. Setiap orang merasa mereka mengenal-Nya. Setiap kesenian mencoba untuk menggambarkan-Nya, tapi tidak ada yang benar-benar seperti-Nya. Tuhan mencintai Cina dan Annisa, tapi Cina dan Annisa tidak dapat saling mencintai karena mereka menyebut Tuhan dengan nama yang berbeda


Apa yang bisa saya bilang tentang film ini? Beginilah seharusnya film Indonesia dibuat !!! Meski digarap secara indie, film ini merupakan salah 1 film terbaik Indonesia yang pernah saya tonton.

Mengangkat tema yang sensitif mengenai percintaan beda agama, yang hanya mengedapnkan 2 tokoh utamanya (seingat saya pemeran lain ga dikasi luat mukanya, beberapa menghadap belakang & beberapa cuma lewat suaranya aja. Unik sekali !!!). Dengan dialog2 cerdas diantara Cina & Anisa, film ini seperti menampar banyak kasus di Indonesia yang masih kolot dalam menghadapi perbedaan agama. 


Apakah Pancasila hanya simbol lambang negara? Mengutip lirik lagu band indie Armada Racun, "Kita tak kenal Pancasila, Kita hanya kenal Punkasila". Dan coba kau dengarkan, kata om Iwan Fals Pancasila itu bukan rumus kode buntut.


PRODUKSI: Moonbeam Creation dan Sembilan Matahari Film, PRODUSER: M.Adi Panuntun, M.Budi Sasono, EXECUTIVE PRODUSER: Roland Samosir, Kathleen Lee, DIRECTOR: Sammaria Simanjuntak, PEMAIN: Sunny Soon, Saira Jihan


"Mengapa Tuhan menciptakan kita berbeda-beda … jika Dia hanya ingin disembah dengan satu cara?" -Annisa-


Rate : 

 

Share
Labels: , , edit post
0 Responses

Poskan Komentar