Tim sepakbola wanita Jepang baru saja menjuarai Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman untuk pertama kalinya. Pemain andalan mereka, Homare Sawa pun terpilih sebagai pemain terbaik & top skorer turnamen dengan 5 gol.


Siapa Homare Sawa? Dia adalah gelandang tim Jepang berusia 32 tahun yang tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak di Jepang dengan 168 match sekaligus top skorer sepanjang masa Jepang dengan 78 gol !!!


Homare Sawa yang kini memperkuat klub lokal INAC Kobe Leonessa setelah sebelumnya memperkuat klub USA, Washington Freedom. Sawa memulai karirnya tahun 1991 bersama klub Yomiuri Beleza. 2 tahun berikutnya dia memulaidebtnya di timnas Jepang di usia 15 tahun. Di pertandingannya melawan Philipina itu Sawa sudah menunjukkan bakatnya dengan mencetak 4 gol !!!

8 tahun memperkuat Yomiuri Beleza, akhirnya Sawa pindh ke USA tahun 1999 memperkuat klub Denver Diamonds & Atlanta Beat selama 3 musim berikutnya sebelum kembali lagi ke Jepang tahun 2004 bersama Tokyo Verdy.

Seperti halnya Mia Hamm di USA & Birgit Prinz di Jerman, Homare Sawa adalah legenda sepakbola wanita Jepang. Dia tercatat 5x membela Jepang di Piala Dunia Wanita sejak tahun 1995. Homare Sawa adalah respresentasi tokoh animasi sepakbola Jepang yang sangat terkenal, Tsubasa Ozora, selain kesamaan posisi, Homare Sawa juga identik dengan nomor pungung 10 di Jepang :)

Share
Labels: edit post
0 Responses

Posting Komentar