Prestasi Belgia di kancah sepakbola dunia sih memang terbilang biasa saja, prestasi terbaik mereka di World Cup cuma finish di tempat ke 4 pada saat World Cup 1986 di Mexico. Bahkan mereka gagal lolos di gelaran 2 World Cup terakhir. Di Eropa prestasi tertinggi mereka adalah saat menjadi runners up di Italia 1980 & finish di posisi 3 saat menjadi host 8 tahun sebelumnya. Setelah menjadi tuan rumah bersama Belanda tahun 2000 (cuma sampe penyisihan grup), Belgia gagal lolos ke Piala Eropa 2004 & 2008.


Di kualifikasi Euro 2012 yang masih berlangsung saat ini, Belgia yang tergabung bersama Turki, Austria, Azerbaijan, Kazakhstan, & Jerman berada di posisi 2 Grup di bawah Jerman dengan 11 poin hasil dari 3 menang, 2 seri, & 2 kalah.

Georges Leekens,  pelatih tim Belgia saat ini
Nah, tahun ini sepakbola Belgia dihuni banyak pemain2 muda dengan rata2 usia sekitar 24-25 tahun (ini rata2 frontal dari saya aja sih). Kalo ditilik2 (ga tau bahasa apa ini), skuad Belgia saat ini punya prospek untuk menjadi besar 2-4 tahun lagi !!!

Romelu Lukaku
Di depan ada duet stiker Moussa Dembélé (23 tahun) yang bermain utk Fulham & Romelu Lukaku (18 tahun), penyerang Anderletch yang jadi buruan banyak klub2 top Eropa.

Jan Vertonghen
Beralih ke barisan bek, lupakan nama Daniel Van Buyten yang sudah memasuki usia senja. Mereka punya kapten baru, Thomas Vermaelen (25 thn), bek Arsenal yang punya karakter lugas. Sementara duetnya yang juga menjabat vice captain, Vincent Kompany (25 thn), menjadi andalan di Man City. Jangan lupakan juga Jan Vertonghen (24 thn) dari Ajax, Jelle Van Damme (27 thn) yang musim depan akan bermain di Standard Liège, & Anthony Vanden Borre (23 thn) yang  kembali ke negaranya bersama Racing Genk setelah merantau ke Italia & Inggris musim2 sebelumnya. 3 nama ini adalah pemain serba bisa yang mampu mengisi slot mana pun di lini belakang & lini tengah tim !!!
Steven Defour & Axel Witse
Lini tengah mereka adalah yang paling menarik. Di situ ada gelandang Everton yang punya rambut khas, Marouane Fellaini (23 thn). 3 nama lain ini mencengankan, karena jadi buruan klub2 top Eropa beberapa musim terakhir. Yang pertama Axel Witsel (22 thn), gelandang Standard Liège yang baru saja memutuskan pindah ke Portugal bersama Benfica & menolak pinangan klub2 besar Eropa. Yang kedua adalah Steven Defour (23 thn), kapten tim Standard Liège yang pernah dihubung2kan dengan Manchester United sebelum cedera lutut parah 2 musim lalu. Yang terakir Eden Hazard (20 thn), winger yang mengantarkan Lille menjadi juara musim Liga France musim lalu sekaligus menjadi pemain terbaik Liga. 

Eden Hazard
Satu nama terakhir yang ga boleh dilupakan adalah Radja Nainggolan, gelandang keturunan Indonesia yang sekarang sedang berpetualang di Serie A bersama Cagliari. Meski untuk menembus skuad utama di Belgia, dia harus sedikit berusaha lebih keras.

Radja Nainggolan
4 nama dari mereka bahkan pernah tercatat sebagai pemain termuda yang membela Belgia di usia 16-17 tahun seperti Anthony Vanden Borre, Romelu Lukaku, Vincent Kompany, & Eden Hazard. Apakah skuad saat ini akan menjadi generasi emas tim yang berjuluk Red Devils ini untuk berprestasi di masa mendatang? Menarik untuk disimak :)

Share
Labels: edit post
0 Responses

Posting Komentar