5. Whistle!

Author : Daisuke Higuchi
Volume : 24 (Complete)


Shō Kazamatsuri pindah dari sekolah Musashinomori ke sekolah SMU Josui agar harapannya untuk menjadi anggota tim sepak bola terwujud. Tapi fisiknya yang pendek & permainnya yang buruk membuatnya sulit untuk masuk tim inti. Shō Kazamatsuri kemudian berjuang keras untuk meningkatkan kemampuannya agar dapat bermain sebagai penyerang utama tim. Asal usul Sho Kazamatsuri akhirnya terungkap oleh ayah Tatsuya Mizuno, pelatih dari Musashinomori. Diketahui bahwa Sho adalah anak dari seorang pemain sepak bola terkenal yang meninggal dalam kecelakaan sebelum mengikuti pertandingan besar.

Ceritanya sangat standart dengan kualitas gambar yang juga biasa2 aja. Semuanya serba standart, tapi lebih terasa masuk akal dibanding beberapa manga sepakbola sejenis :)

Rate : 5/10


4. Lost Man

Author : KUSABA Michiteru
Volume : 11 (Ongoing)


Dibuat oleh orang yang pernah sukses membuat manga sepakbola lainnya, "Fantasista". Ceritanya tentang seorang pria yang lupa ingatan bernama Matsumoto. Didampingi seorang pria yang mengaku agen pemain, dia berpetualang ke seluruh penjuru negara untuk bermain sepakbola. Dimulai dari Rumania, Brasil, & belakangan menuju Inggris untuk mendapat tempat di tim utama Manchester Union (Representasi dari klub Manchester United).

Saya sendiri baru baca sampe volume 6. Ceritanya lumayan menarik tetapi Matsumoto di sini sosoknya terlalu hebat, dia bisa bermain di posisi mana pun dengan sama hebatnya. Sebagai bek kiri, gelandang, bahkan seorang kiper.

Rate : 6/10


3. OLE!

Author : NOUDA Tatsuki
Volume : 5 (Complete)


Junji Nakajima ingin membuat kotanya Kazuya yang sepi menjadi lebih besar lagi. Suatu saat, dia yang bekerja di balai kota pemerintahan ditugaskan untuk bekerja sebagai penerjemah untuk pemain Jerman yang baru saja direkrut Kazuya Ole. Lewat tim sepakbola yang terancam degradasi ke liga amatir itu Nakajima kemudian ingin membuat kotanya menjadi besar lewat klub sepakbola yang awalnya tak pernah dia perhatikan.

Ceritanya lebih banyak menonjolkan sisi drama dibandingkan sportsnya. Tetatapi cukup menarik liat banyak kejadian di belakang klub yang penuh dengan polemik mempertahankan klub dengan bermodalkan semangat & kebanggan di masa lampau.

Rate : 6/10


2. SHOOT!

Author : Tsukasa Oshima
Volume : 37 (Complete)


Bercerita tentang tiga sekawan Toshihiko Tanaka, Kazuhiro Hiramatsu, & Kenji Shiraishi yang masuk ke dalam tim sepak bola SMU Kakegawa karena terinspirasi oleh pemain idola mereka, Yoshiharu Kubo. Awalnya hanya Toshi yang bermain bola karena Kazuhiro diharuskan belajar giat sedangkan Kenji masih frustasi karena perkelahiannya di masa lalu membuat timnya di diskualifikasi. Tapi pada akhirnya mereka kembali bersatu. Dengan kepemimpinan kapten sekaligus playmaker Atsushi Kamiya, mereka menguasai turnamen antar SMA di Jepang.


Manga yang menarik & kocak, sisi sports & dramanya dikemas secara seimbang. Akan tetapi banyak jurus2 yang meski masuk di akal tetapi kurang logis dalam dunia sepakbola sesungguhnya. Tsukasa Oshima sendiri sebenarnya adalah mangaka wanita !!! Selain SHOOT, dia juga banyak membuat manga2 dengan tema sports lainnya seperti voli & tenis. Film live actionnya pernah dibuat tahun 1994 dengan bintang utama boyband SMAP yang saat itu baru meniti karir awal.

Manga SHOOT sendiri kemudian berlanjut dengan beberapa sequelnya & spin off nya, diantaranya :

* Shoot : In Memory, Jilid 1-5 (Menceritakan kisah pertemuan tiga serangkai sewaktu SMP)
* Shoot : Hot Challenge, Jilid 1-12 (Menceritakan kejuaraan sepak bola tingkat daerah lanjutan Shoot)
* Shoot : Legend of a New Age, Jilid 1-16 (Menceritakan kejuaraan sepak bola tingkat nasional dan munculnya tim baru yang langsung menjadi legenda lanjutan Shoot : Hot Challenge) 
* Shoot : Legenda Kubo Yoshiharu, 1 Jilid (Menceritakan perjalanan Kubo dalam dunia sepak bola)



 Rate : 7/10


1. Giant Killing

Author : Masaya Tsunamoto & Tsujitomo
Volume : 19 (Ongoing)


Kisahnya tentang Takeshi Tatsumi (35 tahun), mantan pemain ETU yang berhasil membuat kejutan di Inggris dengan membawa tim amatir yang dilatihnya ke babak IV Piala FA dengan mengalahkan tim2 besar. ETU yang sepeninggalan Takeshi Tatsumi saat jadi pemain terusmerosot prestasinya, sampai akhirnya bisa kembali lagi ke divisi utama J-League. Tatsumi yang direkrut kembali, tetapi sebagai pelatih membuat suatu terobosan kepelatihan yang unik dengan caranya sendiri.

Ini manga keren banget !!! Berhasil menang Kodansha Manga Award untuk kategori umum tahun 2010 lalu. Ceritanya seperti respresentasi sosok Jose Mourinho di dunia nyata. Sosok Tastumi yang kontroversial, angkuh, serta cuek membuat warna tersendiri. Dia banyak dibenci pelatih lawa, pemain sendiri, pengurus klub, bahkan pendukung tim ETU yang sebagian menganggapnya pengkhianat. Manga ini lebih realistis dibanding manga2 sepakbola lainnya. Strategi & permainan di lapangan tampak begitu logis untuk diterima akal sehat. Di Indonesia sendiri baru terbit 4 volume. Rekomeded buat yang suka baca manga & suka sepakbola :)

Rate : 8/10


Share
Labels: , edit post
2 Responses
  1. Anonim Says:

    udh baca giant killing. keren n lebih realistis dibanding komik2 bola lain sih. ;)


  2. Iwan Maulana Says:

    setuju, so far ini manga football terbaik versi saya :)


Posting Komentar