Kiko Macheda tampil gemilang dalam tour pra musim pertama United di USA vs New England Revolutions kemarin. Mecheda mencetak 2 dari kemenangan 4-1 United di pertandingan itu.


Macheda yang setengah musim lalu dipinjamkan ke kampung halamannya, Italia, gagal bersinar dalam 16 penampilan bersama Sampdoria (yang harus degradasi di akhir musim). Kiko yang diplot sebagai pengganti Antino Cassano & G. Pazzini, duet striker Sampdoria yang hengkang ke kota Milan di jendela transfer musim dingin, hanya berhasil membuat 1 gol di ajang Copa Italia.


Federico Macheda lahir 22 August 1991 di Roma. Dia tergabung bersama klub junior Lazio sejak tahun 2006. Pada tahun 2007, di usianya yang ke 16, Macheda memilih pindah ke United karena di Italia tak ada peraturan mengontrak pemain secara profesional sebelum usia 18 tahun. Hal ini dimanfaatkan United untuk menariknya karena di Inggris hal itu berlaku untuk usia 16 tahun ke bawah.

Dalam debutnya bersama United U-18, Macheda langsung unjuk gigi dengan mencetak gol tunggal kemenangan 1-0 vs Barnsley pada 15 September 2007. Prestasinya menanjak setengah tahun kemudian setelah masuk sebagai pengganti di tim cadangan United pada 26 February 2008 vs Liverpool. Pada hari ulang tahunnya yang ke 17 di tahun 2008, dia menandatangani kontrak profesional dengan United.

Cerita indah Macheda dimulai dalam laga tim cadangan vs Newcastle United pada 30 March 2009. Macheda mencetak hattrick untuk United di pertandingan yang berakhir seri 3-3 itu. Hal itulah yang membuat Sir Alex Ferguson memasukan namanya di daftar bench tim United vs Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris seminggu kemudian menggunakan nomor punggung 42. United yang saat itu tertinggal 2-1, berbalik unggul 3-2 setelah Macheda masuk menggantikan Nani & mencetak gol indah di masa injury time.


Cerita penyerang opurtunis yang kini menggunakan jersey nomor 27 ini terus berlanjut sebagai salah satu supersub United & manjadi jimat keberuntungan Sir Alex Ferguson di saat United gagal mencetak gol. Yang saya catat hal itu terjadi ketika United vs Sunderland 2 musim lalu, di Liga Champions vs Valencia & vs Aston Villa (lagi) di Liga Inggris musim lalu. Macheda yang kini tergabung dengan skuad Italy U-21 akan menjadi alternatif serangan United musim depan. Bahkan bisa mengancam posisi milik striker lain seperti Dimitar Berbatov yang tak tampil konsisten. Karir pemain 19 tahun yang dijuluki sebagai "The Next Christian Vieri" ini sepertinya akan terus berkembang setelah pengasingannya ke Italia musim lalu. Welcome Back Macheda !!!

 
twitter : @machedinho27
Share
0 Responses

Posting Komentar