Hidenori Hara adalah mangaka kelahiran 14 June 1961 yang meraih "Shogakukan Manga Award" for shōnen tahun 1988 untuk manganya "Just Meet" & "Fuyu Monogatari". Apa sih kelebihan Hidenori Hara? Dari segi cerita, Hara lebih suka menulis manga bertema sports (kebanyakan baseball, tinju, & dayung) yang dibumbui dengan kisah romantis. Dia juga terkesan realis dalam mengisahkan ceritanya & tak bertele2, bisa dilihat dari volume manganya yang tak pernah panjang (3-7 volume per judul). Selain itu art Hidenori Hara juga sangat khas, jadi yang pernah membaca salah 1 karya Hara pasti bisa tau manga lain mana yang jadi karya Hara hanya dengan melihat gambarnya saja. Manga pertamanya berjudul "Love Love Police" yang dibuat tahun 1981. Saat ini Hara tengah mempersiapkan manga baru "Free Kick!" yang sepertinya akan bertema sepakbola.

Berikut manga2 Hidenori Nara yang sudah saya baca:

@ Densha Otoko (Train Man)

3 Volumes (Complete)

Manga ini diadaptasi Hara dari kisah yang sudah mendunia yang berkisah tentang seorang pria culun penggemar anime (disebut otaku di Jepang) yang bertemu dengan seorang wanita cantik di kereta. Dia pun menggunakan internet sebagai media mencari tahu trik menaklukan hati wanita dengan meminta advice dari orang2 yang terhubung lewat chating.


Dorama Densha Otoko


Densha Otoko The Movie
Manga ini dibuat Hara pada tahun 2005, sebelumnya telah terbit novelnya tahun 2004 & dibuat berbagai versi manganya, antara lain oleh Wataru Watanabe, Hitori Nakano & Daisuke Dōke, serta Machiko Ocha. Densha Otoko juga diangkat ke versi live action movie tahun 2007 menyusul doramanya yang lebih dulu hadir tahun 2005. Doramnya sendiri banyak mendapat penghargaan saat itu.
 Rate : 8/10


@ G - Gokudo Girl

5 Volumes (Complete)

Ceritanya dibuat oleh Buronson (nama pena Yoshiyuki Okamura), yang memang sudah tenar membuat kisah yakuza. Gambarnya diilustrasikan Hara dan dibuat tahun 2003. Kisahnya tentang gadis yang selalu ditindas semasa kecilnya oleh teman2 di sekolahnya. Tapi setelah dewasa & masuk SMA, gadis bernama Mai Hyodo itu kemudian menunjukkan wajah aslinya & berniat untuk membuka kembali perkumpulan yakuza peninggalan keluarganya yang telah lama vakum.


Rate : 7/10


@  Regatta

6 Volumes (Complete)

Dibuat tahun 2001, ceritanya tentang Makoto Osawa, pedayung universitas potensial milik Jepang yang terpuruk karena rekannya mati saat sedang adu dayung dengannya. Misao, kekasih sahabatnya yang telah mati kemudian membujuk Makoto untuk kembali mendayung demi mewujudkan impiannya meraih medali emas untuk Jepang di ajang Olimpiade.

Dorama 9 episodenya penah dibuat tahun 2006 lalu dengan bintag utama Hayami Mokomichi & Aibu Saki .

Rate : 7/10


@ Hoshi no Furu Machi (When You Wish Upon a Star)

7 Volumes (Complete)

Live action movie
Manga ini dibuat Hara tahun 2006 & baru2 ini dibuat live action movienya oleh sutradara Koji Kawano dengan bintang Aoi Nakamura & Rio Yamashita. Kisahnya tentang Kotaro Tsutsumi, siswa SMA di Tokyo yang harus pindah ke sebuah desa kecil tempat saudaranya demi meningkatkan prestasi belajarnya. Di sana, Tsutsumi yang awalna merasa ga betah & gagal bertemu gadis bernama Nagisa Ichinose yang kemudian bisa merubah Tsutsumi secara perlahan mencintai desa itu.

"The stars that don't shine in Tokyo surely do shine in a different town..." 

Rate : 8/10
Share
Labels: , edit post
0 Responses

Posting Komentar