Ryan Bingham: "Isolated? I'm surrounded"


Film yang disutradari Jason Reitman, yeng sebelumnya sukses lewat "Juno" (2007) ini diangkat dari novel berjudul sama karya Walter Kirn yang rilis tahun 2001. Film ini banyak mendapatkan nominasi untuk penghargaan Golden Globe & Oscar tahun lalu, tetapi hanya mendapat penghargaan Skenario Terbaik di Golden Globe Awards ke-67.


Kisahnya tentang Ryan Bingham (George Clooney), pria yang hampir seluruh hidupnya dihabisakna di udara untuk bepergian ke berbagai tempat di seluruh dunia memecat para pekerja kantoran atas nama bos2 yang takut untuk melakukannya sendiri. Ryan menjalani kehidupan yang bebas, dia yang juga seorang motivator ulung jarang mengunjungi keluarganya dan lebih suka hidup sendiri. Dalam perjalanannya, dia bertemu Alex (Vera Farmiga), wanita yang punya sedikit kemiripan gaya hidup dengan Ryan & Natalie Keener (Anna Kendrick) gadis muda ambius yang jadi pegawai baru di tempatnya bekerja. Masuknya mereka berdua dalam kehidupan Ryan membuatnya mempertanyakan kembali tentang pandangan hidupnya selama ini.


Apa yang mau saya bilang? Sampai filmnya habis saya tetap tidak mengerti apa maksud film ini (maksud dalam artian yang lebih dalam)? Sama seperti dialog yang diucapkan Jim ketika akan menikah dengan Julie, adik Ryan. What's the point? Tapi lupakan saja itu, film ini tetap asyik untuk diikuti. Mengingatkan saya akan karya Jason Reitman yang lain, "Thank You for Smoking" (2006). Secara garis besar film yang juga diangkat dari novel itu serupa, meski dalam garis kecilnya punya perbedaan mendasar.


Film ini seperti tanpa tujuan, sama seperti kehidupan tokoh utamanya Ryan. Bahkan beberapa filosofi Ryan seperti bagian kecil dari gaya hidup George Clooney dalam dunia nyata. Bukan begitu? :) Film ini pun diakhiri dengan sebuah ending menggantung yang seperti tidak menjawab apa masud dari film ini. Kosong !!! Tapi bukan bearti film ini tak layak tonton, karena keorisinalitasnya itu lah yang membuat film ini sangat layak & asyik untuk ditonton.


Rate:
Share
0 Responses

Posting Komentar